Halaman

Selasa, 11 Desember 2012

games asyik

  PERMAINAN EDUKATIF DAN MENGASYIKKAN
bagi teman" dan adik-adik  yang lagi bosen, mendingan coba dehh permainan" permainan dibawah ini... kerana permainan ini sangat mengasyikkan loo... cobain dehh... SERU ABISSSSS..

diantara permainannya antara lain:
 
1. Super Model
Alat : -
Partisipan : Berkelompok 3 orang
Waktu : 10 menit
Aturlah partisipan supaya berdiri melingkar. Jelaskan bahwa mereka harus berlagak sesuai dengan instruksi yang Anda berikan. Ada pun perintahnya adalah:
  • "Super Model": Partisipan berdiri berpasang-pasangan. Satu orang berperan sebagai model yang bergaya dan satunya lagi berlagak sebagai fotografer yang memotret sang model.
  • "Gajah" : Partisipan segera berkelompok, masing-masing 3 orang. Satu orang menjulurkan tangan kan-annya ke depan (seolah-olah belalai gajah) dan tangan kirinya dijuntaikan di dekat pantat (seolah-olah ekor). Sementara itu, dua orang lainnya berdiri mengapit orang pertama. Mereka membentuk lingkaran dengan kedua tangan kanannya dan menempelkan di kepala orang pertama (seolah-olah "telinga" gajah).
  • "Agar-agar": Partisipan berkelompok, masing-masing 3 orang. Orang pertama menggerakkan seluruh tubuhnya. Seolah-olah agar-agar yang bergoyang-goyang. Dua orang lainnya bergandengan tangan, melingkari orang pertama. Kedua orang ini berpura-pura sebagai gelas yang mewadahi agar-agar.
  • "Ratu Tawon": Partisipan memutar dan menautkan kedua tangannya di belakang punggung (di atas pantat) dan mengibas-kibaskannya seolah-olah ekor lebah. Dua orang lainnya berdiri di kedua samping orang per-tama dengan menempelkan kedua tangan mereka di tubuh tawon. Ini berfungsi sebagai sayap.
  • "Patung": Partisipan berdiam diri seperti patung.
     

     


2. c.o.c.o.n.u.t
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 5 menit
 
Ajarkan dulu lagu c.o.c.o.n.u.t pada partisipan. Setelah semua bisa, ajaklah mereka melakukan peragaan bentuk hurufnya sesuai dengan ucapan dalam lagu tadi.
· Ketika mengucapkan huruf "c", tangan kanan diangkat di atas kepala. Kemudian sedikit dilengkungkan ke arah kiri. Tangan kiri berada di bawah, menghadap ke kiri luar.
· Ketika mengucapkan huruf "o", kedua tangan di angkat di atas kepala dan ditautkan membentuk lingkaran.
· Ketika mengucapkan huruf "n", kedua tangan menjuntai ke bawah membentuk setengah lingkaran.
· Ketika mengucapkan huruf "u", kedua tangan diangkat di atas kepala, membentuk setengah lingkaran.
· Ketika mengucapkan huruf "T", kedua tangan menjulur lurus arah samping.
Jika sudah mahir, percepat tempo lagu hingga partisipan kewalahan melakukan gerakannya.

Lagu c.o.c.o.n.u.t
¦1 3 5 5 ¦6 6 5 .¦
c o c o n u t

¦4 4 3 . ¦2 2 1 . ¦
n u t n u t

 


3. Cerita Bersambung
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 15 menit

Partisipan berdiri melingkar. Tujuan permainan ini adalah membuat sebuah cerita yang merupakan gabungan dari kalimat-kalimat yang disumbangkan partisipan. Kalimat yang disampaikan harus:
· masuk akal
· berkaitan dengan kalimat sebelumnya
· bertata bahasa yang benar
Contohnya:
Orang #1:" Sebelum sarapan pagi, saya jalan-jalan dulu."
Orang #2: "Seekor anjing menghampiri aku."
Orang #3: "Aku menyapa anjing itu."
Orang #4:"Tetapi anjing itu malah mengejarku."
Permainan ini berlangsung hingga seluruh partisipan telah memberikan sumbangan kalimat atau jika Anda merasa suasana sudah cair.
Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.


4. Kata Terakhir
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 15 menit

Partisipan membentuk lingkaran. Anda mengucapkan sebuah kalimat. Misalnya: "Cuaca hari ini begitu cerah." Kemudian tunjuk salah satu partisipan. Orang itu memuat kalimat baru yang diawali dengan kata terdapat di akhir kalimat tadi ("cerah"). Misalnya: "Cerah juga hatiku." Partisipan di sampingnya melanjutkan dengan kalimat yang diawali dengan kata "hatiku". Misalnya "hatiku penuh nyanyian." Begitu seterusnya.



5. Boom!
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 15 menit

Semua partisipan duduk melingkar. Mulai dari salah satu partisipan, mereka menghitung angka secara berurutan (1-2-3-4-5-6-dst). Begitu Anda berkata "boom", partisipan berikutnya menambahkan angka 3 pada angka terakhir. Misalnya partisipan yang sebelum Anda berkata "boom" mengucapkan angka tujuh, maka partisipan berikutnya tidak mengucapkan angka delapan tetapi sepuluh. Partisipan berikutnya mengu-capkan 13 dan seterusnya.
Ketika Anda berkata "boom" lagi, hitungan menjadi normal kembali (kelipatan satu). Begitu seterus-nya.
Variasi 1: Semua partisipan menghitung berurutan. Ketika ada partisipan yang sampai pada angka kelipatan 3 (3-6-9-12-dst), mereka tidak mengucapkan angka itu tetapi berkata "boom". Partisipan yang salah mengu-capkan, harus keluar dari lingkaran.
Cara 2: Bila partisipan sudah semakin mahir, ajaklah mereka menghitung mundur. Misalnya dari angka 30, menghitung ke arah angka nol.

Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.

6. "Aku Sudah Berubah"
Alat : -
Partisipan : Berpasangan
Waktu : 5 menit
P
artisipan berpasangan dan berdiri berhadap-hadapan. Tiap orang mengamati pasangannya dengan cermat. Setelah itu, mereka saling membelakangi (beradu punggung). Pada saat itu, setiap orang berusaha mengubah aksesoris yang dikenakannya. Misalnya, mencopot salah satu anting, memindahkan jam tangan dari kanan ke kiri, menggulung lengan pakaian, mengancingkan kancing baju teratas , mengubah gaya sisiran rambut dsb.
Setelah itu, setiap pasangan berbalik lagi untuk menebak perubahan apa yang sudah dilakukan oleh pasangannya.
Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.

7. Jabat Tangan Saling - Silang
Alat : -
Partisipan : Berkelompok
Waktu : 10 menit
Bagilah partisipan menjadi dua kelompok yang sama banyaknya (jika sisa satu, maka Anda harus ikut permainan ini untuk menggenapi). Dua kelompok ini berbaris berhadap-hadapan.
Jelaskan bahwa aktifitas ini bertujuan untuk saling kenalan dengan cara berjabat-tangan berdasarkan pola tertentu. (lihat gambar)
Caranya begini: Orang yang berdiri di ujung barisan A (A1) berjalan menghampiri B2 untuk berjabat tangan dan memperkenalkan diri. A1 berkata," Nama Saya Ruben". B2 berkata, "Dan nama saya Kris." Setelah itu A1 berjalan ke A3, B4, A5 dan seterusnya.
Demikian pula B berjalan menghampiri dan berkenalan dengan A2, B3, A4, B5 dan seterusnya. Apabila sudah sampai di ujung barisan, mereka menjadi orang terakhir di barisan itu.
Aktifitas ini berlanjut hingga A1 dan B1 kembali ke posisi semula yaitu di ujung barisan.Metanoia.


8. Bebas Berkhayal
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Aktifitas ini mengajak partisipan untuk membebaskan pikirannya supaya bisa berpikir inovatif dan kreatif. Bacakan pertanyaan dari "daftar imanjinasi", pada pada partisipan lain secara acak.
Daftar Kata
Apa warna huruf "S"
Seperti apa sih rasa warna ungu itu?
Apa warna dari bau parfummu?
Berapa umur kebahagiaan itu?
Berapa kilo berat kemarahanmu?
Bagaimana bunyi warna hijau itu?

Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.


9. Kucing dan Tikus
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Tunjuklah lima orang sukarelawan menjadi tikus dan seorang menjadi kucing. Sedangkan partisipan sisanya berdiri melingkar bergandengan tangan. Seolah-olah mereka menjadi rumah.
Ketika Anda bertepuk tangan sekali, mereka harus beranjak maju untuk membuat lingkaran yang rapat. Begitu dekatnya sehingga badan mereka berdempetan.
Manakala Anda bertepuk tangan dua kali, mereka harus mundur untuk membuat lingkaran selebar-lebarnya (dalam melakukan ini mereka tetap bergandengan tangan). Berikan aba-aba antara sekali dan dua kali tepukan tangan dengan irama yang ajeg (tetap).
Nah, tugas kucing sederhana saja, yaitu menangkap tikus. Dan tugas tikus? Ya, Anda betul, melarikan diri dari kejaran Kucing. Caranya dengan keluar-masuk lingkaran. Ketika lingkaran merenggang, kucing boleh menerobos masuk untuk menerkam tikus. Tapi tikus pun punya hak untuk ngacir keluar rumah. Jika kucing berhasil menangkap satu ekor tikus, ia mengurung buruannya di pojok ruangan.
Tikus apes (sial) yang tertangkap ini masih punya kesempatan bebas jika ada dua tikus lain yang masih bebas, yang menyentuhnya

10.Bentuk Kelompok
Alat : -
Partisipan : Berkelompok
Waktu : 10 menit
Permainan ini mengajak partisipan membentuk kelompok dengan cepat. Jelaskan bahwa partisipan di-harapkan membentuk kelompok dengan jumlah anggota sesuai angka yang Anda sebutkan. Sebagai contoh Anda berkata, "bentuklah kelompok dengan anggota sebanyak 4 orang." Maka semua partisipan berusaha membentuk kelompok dengan anggota sebanyak 4 orang.
Partisipan yang tidak mendapat kelompok atau kelompok yang jumlahnya tidak memenuhi perintah Anda, dia/mereka harus keluar dari permainan ini.

11. Isi Ranselku
Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Partisipan duduk melingkar. Jelaskan bahwa aktifitas ini untuk merangsang kreatifitas dan mengadu daya ingat mereka.
Mulailah permainan ini dengan mengatakan: "Di dalam ranselku ada…" . Kemudian sebutkan sebuah nama benda yang lazim dimasukkan dalam ransel. Misalnya: "buku". Setelah itu tunjuk salah seorang partisipan untuk menambahi kalimat itu dengan nama benda lainnya. Misalnya:" "Di dalam ranselku ada buku dan baju." Partisipan berikutnya menambahkan kata benda ketiga. Begitu seterusnya. Jika ada partisi-pan yang kesulitan mengingat dan menyebutkan nama-nama benda karena daftarnya sudah panjang, partisi-pan lainnya boleh membantu.
Ketika giliran sudah sampai pada partisipan terakhir, ajak seluruh partisipan untuk berdiri dan mengu-capkan kalimat itu bersama-sama."
Anda pun bisa memakai ucapan lainnya. Misalnya "Saya datang ke sini untuk belajar, bersenang-senang, mencari pengalaman, cari kenalan…dst".

12. Mengasihi Sampingmu (1)
Alat : Kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Semua partisipan, kecuali satu orang, duduk di kursi yang disusun melingkar. Partisipan yang tidak mendapat kursi ini menghampiri salah seorang partisipan dan bertanya: "Apakah kamu mengasihi orang di sampingmu?" Jika orang itu menjawab "Ya" maka semua partisipan pindah kursi kecuali partisipan yang duduk di sebelah kanan dan kiri orang yang ditanya tadi. Partisipan yang bertanya ini boleh merebut tempat duduk salah seorang partisipan.
Partisipan yang tidak kebagian tempat duduk harus melakukan hal yang sama, yaitu bertanya: "Apakah kamu mengasihi orang di sampingmu?" Jika jawabannya "tidak", maka pertanyaan selanjutnya harus diaju-kan, yaitu: "Lalu, siapa yang kamu kasihi?" Orang yang ditanya itu harus menunjuk orang dengan ciri-ciri fisik tertentu. Misalnya berkacamata, berambut keriting, berkumis, berbaju biru. Semua orang yang punya ciri-ciri itu yang harus pindah.

13. Mengasihi Sampingmu (2)
Alat : Kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
 
Semua partisipan mengatur tempat duduknya secara melingkar. Melalui undian tunjuk seorang partisipan yang akan berdiri di tengah lingkaran. Keluarkan kursinya dari lingkaran itu. Berikan senter kepadanya, lalu matikan lampu ruangan.
Partisipan yang membawa senter menyorotkan senter pada seorang partisipan yang duduk sambil ber-tanya: "siapa nama orang yang duduk di kursi ke….(menyebut angka) di sebelah kanan/kirimu?" Orang yang ditanya itu harus menyebut nama orang itu dengan benar. Jika salah, dia menggantikan posisi pe-megang senter.


14. Sampingku Kosong
Alat : Kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
S
emua partisipan mengatur kursinya secara melingkar (termasuk kursi Anda). Setelah itu, bangkitlah dari kursi sehingga kursi itu kosong. Tunjuklah partisipan yang duduk di sebelah kiri kursi Anda untuk memulai permainan ini dengan berkata: "kursi di sebelah kananku kosong. Saya ingin ….(menyebut nama partisipan) duduk di situ." Partisipan yang punya nama yang disebut tadi harus beranjak dan menempati kursi kosong itu.
Partisipan yang sekarang berada di samping kiri kursi yang kosong karena baru saja ditinggal itu, meneruskan aktifitas dengan mengucapkan kalimat yang sama dengan menunjuk nama yang berbeda.

15. Ayo Pindah!
Alat : Kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
 
Semua partisipan duduk melingkar. Anda mulai aktifitas ini dengan mengatakan: "Setiap orang yang me-makai sepatu berwarna coklat pindah 5 kali ke samping kanan."
Partisipan yang sesuai dengan kriteria itu menghitung orang di samping kanan sampai orang kelima. Setelah itu ia menghampiri kursi itu. Tentu saja masih ada orang yang menempati kursi itu. Karena itu dia harus menyuruh penghuninya pergi. Caranya dengan memberi perintah sesuai dengan kriteria orang tersebut. Misalnya dia adalah guru sekolah minggu, maka perintahnya begini:"Setiap orang yang jadi guru Sekolah Minggu, pindah ke samping kiri 3 kali."
Tentu saja, kadangkala ada lebih dari satu orang yang sesuai dengan kriteria itu. Akibatnya mereka akan berebutan memberi perintah. Acara menjadi sedikit kacau. Di sinilah serunya aktifitas ini. Namun Anda tidak perlu campur tangan. Biarkan mereka yang mengatur diri mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar